USBN Dihapus Diganti Uas Kepsek SMPN 1 Minasatene Hartina: Ini Sebuah Langkah Maju

22 January 2020 Author :  

PANGKEP, JW - Hj Hartina S.Pd M.Pd Kepala SMPN 1 Minasatene Kabupaten Pangkep saat diminta tanggapannya terkait dengan dihapusnya Ujian Sekolah Bersandar Nasional (USBN) dan dijadikan sebagai ujian sekolah biasa atau Ujian Akhir Sekolah.

Hj Hartina yang ditemui diruang kerjanya  Selasa (21/01/2020) mengatakan bahwa ini sebuah kepercayaan dari Menteri Pendidikan kepada  sekolah secara otonom, untuk menentukan sendiri hasil akhir Ujian bagi siswanya.

Menurutnya, sebuah langkah maju, mulai tahun 2020 Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) resmi ditiadakan. Hal ini sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kelulusan akan diganti dengan ujian sekolah biasa atau Ujian Akhir Sekolah.

"Penilaian USBN diserahkan ke masing-masing sekolah sebagai bentuk otonom di sekolah itu sendiri." Demikian dipaparkan Hj Hartina.

Hj Hartina mengatakan bahwa untuk tahun ini, siswanya akan mengikuti ujian akhir sebanyak 164 orang pada Mei 2020. “Pihak sekolah punya kebijakan sendiri terhadap penilaian peserta didik dalam UAS” ujarnya.

"Jadi USBN sudah berganti ke UAS. Nantinya semua penilaian tergantung sekolah berbeda," dan materi soal ujian akan disusun oleh pihak sekolah, bahkan tim pengawas juga berasal dari internal sekolah.

Kemudian UAS tidak memberlakukan pengawas silang seperti USBN, koreksi hasil ujianpun dilakukan oleh sekolah panitia sekolah, saat ini kembali ke manajemen berbasis sekolah. Paparnya (Mcpangkajene)

16 Views
Rifai
Login to post comments